Restitusi
Sebuah Cara Menanamkan disiplin positif
Pada Murid
Restitusi adalah proses menciptakan
kondisi bagi murid untuk memperbaiki kesalahan mereka, sehingga mereka bisa
kembali pada kelompok mereka, dengan karakter yang lebih kuat (Gossen; 2004)
Restitusi juga adalah proses kolaboratif yang mengajarkan murid untuk mencari
solusi untuk masalah, dan membantu murid berpikir tentang orang seperti apa
yang mereka inginkan, dan bagaimana mereka harus memperlakukan orang lain
(Chelsom Gossen, 1996).
Restitusi
membantu murid menjadi lebih memiliki tujuan, disiplin positif, dan memulihkan dirinya
setelah berbuat salah. Penekanannya bukanlah pada bagaimana berperilaku untuk menyenangkan
orang lain atau menghindari ketidaknyamanan, namun tujuannya adalah menjadi
orang yang menghargai nilai-nilai kebajikan yang mereka percayai. Sebelumnya kita
telah belajar tentang teori kontrol bahwa pada dasarnya, kita memiliki motivasi
intrinsik.
Melalui
restitusi, ketika murid berbuat salah, guru akan menanggapi dengan cara yang memungkinkan
murid untuk membuat evaluasi internal tentang apa yang dapat mereka lakukan
untuk memperbaiki kesalahan mereka dan mendapatkan kembali harga dirinya. Restitusi
menguntungkan korban, tetapi juga menguntungkan orang yang telah berbuat salah.
Ini sesuai dengan prinsip dari teori kontrol William Glasser tentang solusi
menang-menang. Ada peluang luar biasa bagi murid untuk bertumbuh ketika mereka
melakukan kesalahan, bukankah pada hakikatnya begitulah cara kita belajar.
Murid perlu bertanggung jawab atas perilaku yang mereka pilih, namun mereka
juga dapat memilih untuk belajar dari pengalaman dan membuat pilihan yang lebih
baik di waktu yang akan datang. Ketika guru memecahkan masalah perilaku mereka,
murid akan kehilangan kesempatan untuk mempelajari keterampilan yang berharga
untuk hidup mereka.
Di
bawah ini adalah ciri-ciri restitusi yang membedakannya dengan program disiplin
lainnya.
Restitusi
bukan untuk menebus kesalahan, namun untuk belajar dari kesalahan
Dalam
restitusi, ketika murid berbuat salah, guru tidak mengarahkan untuk menebus kesalahan
dengan membayar sejumlah uang, memperbaiki kerugian yang timbul, atau sekedar
meminta maaf. Karena kalau fokusnya kesana, maka murid yang berbuat salah akan fokus
pada tindakan untuk menebus kesalahan dan menghindari ketidaknyamanan, yang bersifat
eksternal, bukannya pada upaya perbaikan diri, yang lebih bersifat internal. Biasanya
setelah menebus kesalahan, orang yang berbuat salah akan merasa sudah selesai dengan
situasi itu sehingga merasa lega, dan seolah-olah kesalahan tidak pernah
terjadi. Terkadang bisa juga muncul perasaan ingin balas dendam, bila orang
yang berbuat salah sebetulnya merasa tidak rela harus melakukan sesuatu untuk
menebus kesalahannya. Kalau tindakan untuk menebus kesalahan dipahami sebagai
hukuman, maka mungkin mereka berpikir untuk membuat situasinya menjadi impas.
Pembalasan seperti ini akan berdampak jangka panjang karena konfliknya akan
tetap ada. Menebus kesalahan itu tidak salah, namun biasanya tidak membuat kita
menjadi pribadi yang lebih kuat.
Restitusi sebenarnya juga meliputi usaha untuk menebus kesalahan, tetapi sebaiknya merupakan inisiatif dari murid yang melakukan kesalahan. Proses pemulihan akan terjadi bila ada keinginan dari murid yang berbuat salah untuk melakukan sesuatu yang menunjukkan rasa penyesalannya. Fokusnya tidak hanya pada mengurangi kerugian pada korban, tapi juga bagaimana menjadi orang yang lebih baik dan melakukan hal baik pada orang lain dengan kebaikan yang ada dalam diri kita. Ketika murid belajar dari kesalahan untuk menjadi lebih baik untuk masa depan, mereka akan mendapatkan pelajaran yang mereka bisa pakai terus menerus di masa depan untuk menjadi orang yang lebih baik.
Restitusi memperbaiki hubungan
Restitusi adalah tentang memperbaiki hubungan dan memperkuatnya. Restitusi juga membantu murid-murid dalam hal mereka ingin menjadi orang seperti apa dan bagaimana mereka ingin diperlakukan. Restitusi adalah proses refleksi dan pemulihan. Proses ini menciptakan kondisi yang aman bagi murid untuk menjadi jujur pada diri mereka sendiri dan mengevaluasi dampak dari tindakan mereka pada orang lain. Ketika proses pemulihan dan evaluasi diri telah selesai, mereka bisa mulai berpikir tentang apa yang bisa dilakukan untuk menebus kesalahan mereka pada orang yang menjadi korban.
Restitusi
adalah tawaran, bukan paksaan
Restitusi yang dipaksa bukanlah restitusi
yang sebenarnya, tapi konsekuensi. Bila guru memaksa proses restitusi, maka
murid akan bertanya, apa yang akan terjadi kalau saya tidak melakukannya.
Misalnya mereka sebenarnya tidak suka konsekuensi yang guru sarankan,
mereka mungkin akan setuju dan akan melakukannya, tapi karena mereka menghindari ketidaknyamanan atau menghindari kehilangan kebebasan atau diasingkan dari kelompok. Mereka akan percaya kalau mereka menyakiti orang, maka mereka juga tersakiti, maka mereka pikir itu impas. Seorang anak yang memukul temannya akan mengatakan, “Kamu boleh pukul aku balik, biar impas”. Memaksa melakukan restitusi bertentangan dengan perkembangan moral, yaitu kebebasan untuk membuat pilihan. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk menciptakan kondisi yang membuat murid bersedia menyelesaikan masalah dan berbuat lebih baik lagi, dengan berkata, “Tidak apa-apa kok berbuat salah itu manusiawi. Semua orang pasti pernah berbuat salah”. Pembicaraan ini bersifat tawaran, bukan paksaan, bukan mengatakan, “Kamu harus lakukan ini, kalau tidak maka...”
Restitusi menuntun untuk melihat ke dalam
diri
Dalam proses restitusi kita akan melihat
adanya ketidakselarasan antara tindakan murid yang berbuat salah dan keyakinan
mereka tentang orang seperti apa yang mereka inginkan. Untuk membimbing proses
pemulihan diri, guru bisa bertanya pada mereka:
1.
Kamu
ingin menjadi orang seperti apa?
2.
Kamu
akan terlihat, terdengar, dan terasa seperti apa kalau kamu sudah menjadi orang
yang seperti itu?
3.
Apa
yang kamu percaya tentang bagaimana orang harus memperlakukan orang lain?
4.
Bagaimana
kamu mau diperlakukan ketika kamu berbuat salah?
5.
Apa
nilai yang diajarkan di keluargamu tentang hal ini? Apakah kamu memegang nilai
ini?
6.
Kalau
tidak, lalu apa yang kamu percaya?
Kita
tidak ingin menciptakan rasa bersalah pada diri anak dengan bertanya seperti
itu. Kalau guru melihat rasa bersalah di wajah murid, maka guru harus
cepat-cepat mengatakan,
“Tidak
apa-apa kok berbuat salah”.
Ketika murid sudah dibimbing untuk mengeksplorasi orang seperti apa yang mereka inginkan, guru bisa mulai bertanya tentang kejadiannya, seberapa sering hal ini terjadi, apa yang ia lakukan, ia berada di mana. Murid tidak akan berbohong pada guru.
Restitusi mencari kebutuhan dasar yang
mendasari tindakan
Untuk berpindah dari evaluasi diri ke
restitusi diri, penting bagi murid untuk memahami dampak dari tindakannya pada orang
lain. Kalau murid paham bahwa setiap orang memiliki kebutuhan dasar untuk
dipenuhi, hal ini akan sangat membantu, sehingga ketika murid melakukan
kesalahan, mereka akan menyadari kebutuhan apa yang sedang mereka coba penuhi,
demikian juga kebutuhan orang lain.
Untuk membantu murid mengenali kebutuhan dasarnya, guru bisa meminta mereka mengenali perasaan mereka. Perasaan sedih dan kesepian menunjukkan adanya kebutuhan cinta dan kasih sayang yang tidak terpenuhi. Perasaan dipaksa, atau terlalu banyak beban, menunjukkan kurangnya kebutuhan akan kebebasan. Perasaan takut akan kelelahan, kelaparan, menunjukkan pada kita kalau kita merasa tidak aman. Perasaan bosan menunjukkan kurang terpenuhinya kebutuhan akan kesenangan.
Restitusi diri adalah cara yang paling
baik
Dalam restitusi diri murid belajar untuk mengubah kebiasaan dari kecenderungan untuk mengomentari orang lain, menjadi mengomentari diri sendiri. Dr. William Glasser menyatakan, orang yang bahagia akan mengevaluasi diri sendiri, orang yang tidak bahagia akan mengevaluasi orang lain.
3 Tahap Evaluasi Diri:
1. Saya tidak suka cara saya berbicara
padamu
2. Kesalahan yang saya lakukan adalah
− Saya sebenarnya punya informasi yang
kamu butuhkan
− Saya lelah dan saya bicara terlalu cepat
− Saya tidak jelas menyampaikan apa yang
saya inginkan
− Pemahaman saya berbeda dengan
pemahamanmu
3. Besok lagi saya akan
− Menyampaikan informasi yang saya punya
dan kamu butuhkan
− Saya akan bicara lebih lambat
− Saya akan bicara lebih jelas tentang keinginan
saya
− Menyampaikan pemahaman saya padamu
Ketika murid bisa melakukan restitusi diri maka dia akan bisa mengontrol dirinya dengan lebih baik dengan tujuan yang lebih baik pula. Ketika Anda berhadapan dengan orang lain, dan melakukan evaluasi diri, maka 9 dari 10 orang yang diajak bicara juga akan melakukan evaluasi diri juga. Mungkin akan ada 1 dari 10 orang yang diajak bicara, justru akan menggunakan kesempatan itu untuk menghukum Anda. Kalau ini terjadi, tanyakan saja, apakah Anda mau menggunakan kesempatan ini untuk menjelek-jelekkan saya atau Anda mau membuat situasi ini menjadi lebih baik. Anda mau ke arah mana?
Restitusi
fokus pada karakter bukan tindakan
Dalam proses restitusi diri, maka murid akan menyadari dia sedang menjadi orang yang seperti apa, yang itu adalah menunjukkan fokus pada penguatan karakter. Ketika guru membimbing murid untuk penguatan karakter, guru akan mengatakan, “Ibu/Bapak tidak terlalu mempermasalahkan apa yang kamu lakukan hari ini, tetapi mari kita bicara tentang apa yang akan kamu lakukan besok. Kamu bisa saja minta maaf, tapi orang akan lebih suka mendengar apa yang akan kamu lakukan dengan lebih baik lagi.
Restitusi
menguatkan
Bisakah momen ketika murid melakukan kesalahan menjadi sebuah momen yang baik? Jawabnya, tentu bisa, asalkan ia bisa belajar dari kesalahan itu. Apa maksud dari kalimat kita bisa lebih kuat setelah kita belajar dari kesalahan? Lebih kuat disini maksudnya bukan menekan perasaan kita dalam-dalam. Kuat disini artinya menyadari apa yang bisa murid ubah, dan murid benar-benar mengubahnya. Guru bisa bertanya, apa yang dapat kamu ubah dari dirimu sendiri? Bagaimana kamu akan berubah?
Restitusi fokus pada solusi
Dalam restitusi, guru menstabilkan identitas murid dengan mengatakan, “Kita tidak focus pada kesalahan, Bapak/ibu tidak tertarik untuk mencari siapa yang benar, siapa yang salah.
Restitusi mengembalikan murid yang berbuat
salah pada kelompoknya
Mari kita lihat praktik pendidikan kita
yang seringkali memisahkan anak-anak dari kelompoknya, misalnya seorang anak TK
bersikap tidak kooperatif pada saat kegiatan mendengar dongeng dari gurunya,
anak itu disuruh keluar dari kelompoknya, atau anak itu diminta duduk di
belakang kelas atau di pojok kelas, disuruh keluar kelas ke koridor, ke kantor
guru, seringkali dibiarkan tanpa pengawasan.
Kalau ada anak remaja nakal, orangtua menyuruh pergi dari rumah. Padahal kalau mereka jauh dari orang tuanya, orang tuanya jadi tidak bisa mengajari mereka dan mereka tidak belajar nilai-nilai kebajikan. Kalau mereka tidak belajar, bagaimana nasib generasi kita ke depan? Kalau kita menjauhkan remaja kita, maka mereka akan putus hubungan dengan kita. Ketika anak berbuat salah, kita tidak bisa memotivasi anak untuk menjadi baik, kita hanya bisa menciptakan kondisi agar mereka bisa melihat ke dalam diri mereka. Kita seharusnya mengajari mereka untuk menyelesaikan masalah mereka, dan berusaha mengembalikan mereka ke kelompok mereka dengan karakter yang lebih kuat.
Komentar
Posting Komentar